PENGERTIAN LAPORAN
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan,
pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara
tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority)
dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka. Salah satu cara
pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.
FUNGSI LAPORAN
Laporan mempunyai berbagai fungsi
yang saling berkaitan satu sama lain. Manfaatnya, lain pertanggungjawaban bagi
orang yang diberi tugas. landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan,
alat untuk melakukan pengawasan. Dokumen sebagai bahan studi dan pengalaman
bagi orang lain.
1.
Sebagai
Sarana Komunikasi Vertikal
Laporan adalah sarana komunikasi
atasan dengan bawahan. Pihak bawahan menginformasikan berbagai kegiatan dan
masukan terhadap suatu permasalahan dengan membuat laporan. Sedangkan pimpinan
memperoleh data dan informasi kemudian mengolahnya, dikembangkan dan digunakan
sebagai pertimbangan pengambilan keputusan serta perencanaan lebih lanjut.
Selain itu dapat pimpinan dapat memberikan penilaian terhadap permasalahan dan
kinerja bawahannya.
2.
Sebagai
Alat Pertanggungjawaban
Laporan sebagai bentuk
pertanggungjawaban terhadap tanggung jawab dan wewenang yang diberikan oleh
atasan. Laporan adalah alat paling tepat mempertanggungjawabkan kepercayaan dan
wewenang yang diterima bawahan.
3.
Memberikan
Informasi Penting
Laporan berisi informasi faktual,
rasional, argumentatif, serta obyektif. Maka laporan sebagai sumber informasi
yang penting dalam pengambilan keputusan manajerial.
4.
Sebagai
Sarana Pengambilan Keputusan
Laporan memberikan informasi
penting, karena hal tersebut, laporan dapat digunakan sebagai sumber
pertimbangan pengambilan kebijakan atau keputusan. Maka pembuatan laporan
harus disusun dengan memperhatikan hal-hal seperti tersebut di atas.
MAMFAAT LAPORAN
1.
Dasar penentuan kebijakan.
2.
Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
3.
Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan
kegiatan.
4.
Sebagai sumber informasi
Manfaat
laporan bagi Perusahaan adalah
sebagai berikut :
1.
Merupakan perwujudan dari responsibility pelapor
terhadap tugas yang dilimpahkan.
2. Sebagai alat
untuk memperlancar kerja sama dan koordinasi maupun komunikasi yang saling
mempengaruhi antar perseorangan dalam organisasi.
3. Sebagai alat
untuk membuat budgeting (anggaran), pelaksanaan, pengawasan, pengendalian
maupun pengambilan keputusan.
4. Sebagai alat
untuk menukar informasi yang saling dibutuhkan dalam pekerjaan.
CIRI-CIRI LAPORAN
1.
Ringkas
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
2.
Lengkap
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
3.
Logis
Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
4.
Sistematis
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.
MACAM-MACAM
LAPORAN
1.
Laporan
berdasarkan waktu
a.
Laporan berkala adalah laporan yang dibuat secara
periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan,
bulanan, atau tahunan). Contoh : laporan kehadiran karyawan setiap bulan.
b.
Laporan insidental adalah laporan yang dibuat apabila
diperlukan
2.
Laporan
berdasarkan bentuk
a.
Laporan berbentuk surat adalah laporan yang dibuat
secara tertulis dalam bentuk surat, isinya antara satu sampai empat halaman.
Contoh: laporan jumlah siswa yang keluar dari suatu sekolah
b.
Laporan berbentuk naskah adalah laporan disampaikan
dalam bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang. Contoh: laporan
kegiatan kepanitiaan atau notulen rapat.
c.
Laporan berbentuk memo adalah laporan yang ditulis
menggunakan memo. Umumnya isi laporan pendek, untuk keperluan intern dan
dilakukan antar pejabat/pimpinan.
3.
Laporan
berdasarkan penyampaian
a.
Laporan lisan adalah laporan yang disampaikan secara
langsung
b.
Laporan tertulis adalah contoh: surat, naskah dan memo
c.
Laporan visual adalah laporan yang disampaikan melalui
penglihatan.
Contoh: disampaikan melalui media presentasi (power
point)
4.
Laporan
berdasarkan sifat
a.
Laporan biasa adalah laporan yang isinya bersifat
biasa dan tidak rahasia, sehingga jika laporan terbaca orang lain tidak
menimbulkan dampak negatif
b.
Laporan penting adalah laporan yang isinya bersifat penting
dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya.
5.
Laporan
berdasarkan isinya
a.
Laporan informatif adalah laporan yang isinya hanya
berisi informasi saja
b. Laporan
rekomendasi adalah laporan yang isinya bersifat penilaian sekilas tanpa adanya
pembahasan lebih lanjut
c. Laporan
analisa adalah laporan yang isinya berupa hasil analisa secara mendalam
d. Laporan
kelayakan adalah laporan yang isinya berisi tentang hasil penentuan kelayakan
atau pemilihan mana yang terbaik
e. Laporan
pertanggungjawaban adalah laporan yang berisi pertanggungjawaban tugas
seseorang atau kelompok kepada atasan yang memberi tugas tersebut.
LANGKAH PEMBUATAN LAPORAN
1.
Menentukan masalah yang akan dilaporkan
2.
Mengumpulkan bahan, data dan fakta
3.
Mengklasifikasi data
4.
Mengevaluasi dan mengolah data
5.
Membuat kerangka laporan
STRUKTUR/KERANGKA LAPORAN
1.
Pendahuluan
a.
Maksud dan tujuan penulisan laporan
b.
Masalah pokok yang dilaporkan
c.
Sistematika laporan
2.
Batang
tubuh
a.
Data dan fakta pelaksanaan kegiatan
b. Kesesuaian
pelaksanaan dengan perencanaan
c. Masalah yang
terjadi
d. Pembahasan
masalah
3.
Penutup
a.
Kesimpulan
b.
Saran
DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LAPORAN
1.
Harus jelas dan cermat
2.
Mengandung kebenaran dan objektifitas
3.
Lengkap
4.
Tegas dan konsisten
5.
Langsung mengenai sasaran
6.
Disampaikan kepada orang dan alamat tujuan yang tepat
7.
Disertai dengan saran-saran
8.
Tepat waktu
Demikian
artikel tentang Laporan, meliputi Pengertian Laporan, Fungsi
Laporan, Manfaat, Ciri-ciri Laporan, Jenis / Macam-macam laporan, Struktur dan
langkah menyusun Laporan.
Semoga
bermanfaat
Mantap, terimakasih infox
BalasHapusMuito Informativo, parabéns!
BalasHapusteste de velocidade
É importante também estar atento se as empresas contratas estão entregando a internet que está no contrato.
BalasHapusPara verificar isso, sempre faça um teste de velocidade para medir sua internet.
recomendamos: rjnet
As reported by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason this country's women live 10 years more and weigh on average 19 kilos lighter than we do.
BalasHapus(Just so you know, it really has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and absolutely EVERYTHING about "HOW" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...
TAP this link to uncover if this little test can help you unlock your real weight loss possibility
SLOTNAGA
BalasHapusSitus Slot Dan Casino Online
Agen Slot Game Online
Agen Judi Slot Online
Agen Live Casino Online
Daftar Joker123
Agen Pragmatic Play
Agen Big Gaming
Getkingkong
Ace333
sangat menambah wawasan lengkap sekali infonya kak
BalasHapuspc200-8