Selasa, 30 Agustus 2016

KARANGAN (PENGERTIAN, MENURUT AHLI, JENIS) - BAHASA INDONESIA 2

PENGERTIAN KARANGAN
Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur. Karangan yang terdiri dari beberapa paragraf, masing-masing dari paragraf tersebut berisi pikiran utama dan diikuti oleh pikiran-pikiran penjelas. Sebuah paragraf belum tentu dapat terwujud keselurahan karangan. Namun, sebuah paragraf sudah bisa memberikan suatu informasi kepada pembaca karena ada kalanya suatu karangan hanya berisi satu paragraf saja sehingga dalam karangan tersebut hanya berisi satu pikiran pokok.

KARANGAN MENURUT PARA AHLI
Pada umumnya, karangan dipandang sebagai suatu perbuatan atau kegiatan komunikatif antara penulis dan pembaca berdasarkan teks yang telah dihasilkan (Ahmadi, 1988: 20). Begitu juga istilah karangan (komposisi) yang dikemukakan Ahmadi (1990: 1) bahwa karangan diartikan sebagai rangkaian kata-kata atau kalimat. Selain itu, karangan menurut Gie (1995: 17) memiliki pengertian karangan adalah hasil perwujudan gagasan seseorang dalam bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh pembaca.
1.      Sirait, dkk (1985: 1) memberi batasan pengertian karangan adalah setiap tulisan yang diorganisasikan yang mengandung isi dan ditulis untuk suatu tujuan tertentu biasanya berupa tugas di kelas.
2.      Widyamartaya (1990) mengatakan bahwa mengarang dapat dipahami sebagai keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami dengan tepat seperti yang dimaksud oleh pengarang.
3.      Menurut Keraf (1994: 2) pengertian karangan adalah bahasa tulis yang merupakan rangkaian kata demi kata sehingga menjadi sebuah kalimat, paragraf, dan akhirnya menjadi sebuah wacana yang dibaca dan dipahami.


JENIS KARANGAN
Jenis-Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia (Deskripsi, Narasi, Eksposisi, Argumentasi, Persuasi) - Karangan adalah suatu bentuk karya tulis yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan kepada para pembaca. Berdasarkan tujuannya, karangan terbagi ke dalam 5 jenis karangan, diantaranya adalah karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi dan peruasi. Di bawah ini adalah jenis-jenis karangan yang biasa kita temukan sehari-hari.
1.    Karangan deskripsi
Ciri-ciri:
a.    Menggambarkan suatu objek yang nyata.
b.    Karangan deskripsi bersifat objektif.
c.    Karangan deskripsi ditulis dengan metode, impresionistis (subjektif), realistis (objektif), atau sikap penulis.
d.   Karangan deskripsi menggambarkan suatu objek sejelas – jelasnya sehingga membuat pembaca seolah – olah merasakan atau mengalamai sendiri apa yang dilukiskan oleh penulis.
2.    Karangan Narasi
Ciri-ciri:
a.    Ada konflik dan tokoh yang menjadi inti dari sebuah karangan.
b.    Betujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita-cerita yang disampaikan.
c.    Cerita-cerita tersebut disajikan dengan urutan kronologis yang jelas.
d.   Memiliki setting yang disampaikan dengan jelas.
3.    Karangan Argumentasi
Ciri-ciri:
a.    Bertujuan untuk menyakinkan pembaca.
b.    Pengarang menghindari keterlibatan emosi dalam menyampaikan pendapatnya.
c.    Pendapat-pendapat tersebut di lengkapi dengan pembuktian-pembuktian yang berupa fakta, data, contoh, maupun grafik.
d.   Terdapat pendapat-pendapat penulis mengenai suatu topik yang sedang di bahas.
4.    Karangan Persuasi
Ciri-ciri:
a.    Karangan ini bersifat mengajak para pembacanya.
b.    Karangan ini berusaha menghindari konflik agar pembaca tidak kehilangan kepercayaan.
c.    Karangan ini berusaha mendapatkan kesepakatan atau kepercayaaan antara penulis dan pembaca.
d.   Memiliki alasan-alasan yang kuat berupa data, fakta, dan lain-lain untuk meyakinkan pembaca.

5.    Karangan Eksposisi
Ciri-ciri:
a.    Informasi yang disajikan bersifat fakta atu benar-benar terjadi.
b.    Menyajikan atau menyampaikan sebuah informasi kepada pembacanya.
c.    Menjelaskan sebuah proses atau analisa suatu topik.
d.   Tidak berusaha mempengaruhi pemabaca.



Demikian artikel tentang Karangan, meliputi Pengertian Karangan, Menurut Para Ahli Karangan, Jenis / Macam-macam Karangan.

Semoga bermanfaat

1 komentar: